Cara Menghemat Baterai HP Android

Cara Menghemat baterai hp Android – Punya hape keren, update dan ciamik. Tapi apalah daya kalo baterainya cepet habis. Bikin bete kan? Sama kaya saya juga gitu, Cuma hapenya saya gak bagus :D. Karena permasalahan seperti itu saya mau sedikit share nih tentang gimana sih cara supaya menghemat baterai hp android?

Tips untuk mengemat baterai smartphone android memang beragam ya, tidak hanya cuma dilakukan dengan satu cara. Disetiap trik hanya bisa memberikan kontribusi paling banyak 3%nya saja (paling banyak 3%).

Bete banget kalo tiap hari harus ngisi baterai berkali-kali ya, apalagi kalo kita mau pergi dan gak ada power bank. Udah bisa dibayangin gimana rasanya gak megang hp meski sebentar, gak enak banget pastinya. Oleh hal tersebut saya mau share sedikit supaya baterai kalian bisa lebih awet (sedikit) ya. Let’s cek :

Cara menghemat baterai hp android

Cara Menghemat Baterai HP Android

Kecilkan kecerahan layarmu
Perlu diketahui ya, pemakan daya baterai paling banyak adalah layar, jadi semakin sering layar menyala maka akan semakin cepat baterai akan habis. Selain itu ukuran layar juga berpengaruh, semakin besar maka makannya daya juga semakin banyak. 
Oleh sebab itu coba deh kalian kecilin kecerahan dari layar hp androidmu, biar wajahmu aja yang cerah. Hapenya burem :D. 

Persingkat stand-by layar
Seperti halnya poin pertama diatas, layar hp memang sangat mendominasi daya. Oleh sebab itu silakan pilih waktu stand-by layarmua sesingkat mungkin (asal tidak mengganggu kenyamanan ya). Cukup kita buat 15 detik layar akan mati.

Matikan paket data, wifi, bluetooth bila tidak diperlukan
Pemakaian data sangat lah penting bagi kita, perlu diketahui juga, paket data itu juga mempengaruhi penggunaan baterai. Apalagi kalau signal lagi galau, akan sangat memakan daya baterai. Tapi bila baterai memang tinggal jeruk nipis ya mending dimatikan aja datanya. Selain itu wifi dan bluetooth juga dimatikan bila memang tidak digunakan.

Tutup aplikasi yang sudah tidak dipakai
Bila selesai menggunakan aplikasi, sebaiknya matikan aplikasi tersebut dengan benar. Karena chace dan aktivasi dan aplikasi tersebut masih berjalan dan akhirnya menambah kinerja hp bateraipun juga tergunakan secara tak sengaja. Matikan aplikasi yang sudah tidak dipakai dengan aplikasi bawaan atau bisa secara manual.
Charge atau isi baterai secara efisien
Maksutnya bila kalian mengisi baterai atau charge baterai usahakan sampai penuh dan cabut ketika sudah penuh. Hal ini adalah untuk menjaga kesehatan baterai. Terlebih lagi usahakan jangan gunakan hp ketika dicharge.

Matikan GPS
GPS ini merupakan salah satu aplikasi yang sering kali orang jarang gunakan tapi terus menyala. Hal ini akan memakan daya baterai dengan lebih cepat. Karena penggunaan internet yang secara terus akan mengurangi baterai lebih cepat.

Gunakan layanan modus hemat baterai
Cie yang pake modus,,,maksutnya modus untuk menghemat daya baterai ya. Bila hapemu ada layanan untuk menghemat baterai silakan gunakan aja, gratis kok gak pake bayar ;D

Gunakan Wallpaper warna hitam
Tips yang ini bila hpmu menggunakan layar AMOLED. Fitur ini kebanyakan digunakan untuk hp merk samsung. Bila menggunakan layar gelap maka secara otomatis penggunaan kecerahan layar juga akan berkurang secara otomatis.

Aplikasi penghemat baterai
Bila kalian terlalu ribet menggunakan cara manual untuk menghemat baterai, kalian bisa menggunakan cara menghemat baterai android dengan aplikasi penghemat baterai gratis free. Aplikasi yang digunakan kurang lebihnya adalah :
  • Avast Battery Saver
  • Battery Save Booster
  • DU Battery Saver
  • Booster for Android
  • Battery Doctor Snapdragon™ BatteryGuru
  • JuiceDefender – battery saver
  • Deep Sleep Battery Saver

Cukup banyak ya yang udah ane share, semoga kalian gak pusing ya bacanya dan bisa menjadi tips yang bermanfaat untuk para pembacanya..amin. Baik sampai disini saja artikel tentang cara menghemat baterai android dan cara merawatnya.


EmoticonEmoticon