Cara Memperbaiki Baterai HP Yang Drop

Baterai drop memang sungguh menjengkelkan banget bukan. Terutama kalau Agan semua memiliki kepentingan dari hp. Apalagi sekarang ini kebanyakan batre android menggunakan baterai permanen alias gak bisa dilepas pasang sesuka hati. Dan disini saya mau membahas sedikit tentang cara memperbaiki baterai hp yang drop dan rusak.

Sebelum kita bahas bagaimana memperbaiki baterai hp yang rusak, saya mau sedikit sharing beberapa penyebab batre rusak yang tidak disadari banyak orang. penyebab kerusakan batre itu banyak banget terutama dari human error atau kesalahan pada pengguna itu sendiri. Kerusakannya meliputi beberapa faktor dibawah ini :

Overcharging (berlebihan mengisi daya) hal yang satu ini cukup sering terjadi. Bila kamu melakukan charging hp ( cas hp ) usahakan bila sudah penuh maka segeralah mencabutnya. Karena bila tidak segera dicabut maka akan menimbulkan baterai mengembang alias batre gendut. Dan pada akhirnya hp rusak. Hal ini terjadi di jangka waktu panjang.

Memperbaiki Baterai HP Yang Drop

Menggunakan hp sambil dicharger. Kegiatan yang satu ini merupakan hal negatif yang paling sering dilakukan banyak orang. Mungkin memang perlu penggunaan handphone, tapi bila saat melakukan pengisian daya sambil digunakan maka akan memperpendek umur baterai. Oleh sebab itu bila memang tidak terlalu penting usahakan tidak digunakan ketika dicas. kalo perlu dimatikan saja androidmu.

Charger tidak sesuai kapasitas. Bila Anda melakukan charging dengan charger yang tidak sesuai maka akan mengakibatkan batere cepet rusak juga. Biasanya ditandai cepat sekali panas ketika dicas.


Powerbank murahan dan berkualitas rendah. bila Anda sering menggunakan power bank untuk mengisi baterai sobat. kurangilah karena memang akan mempercepat kerusakan batere smartphonemu. bahkan smartphonemu juga akan cepat rusak juga. 

Hal-hal diatas merupakan faktor yang menurut saya paling cepat membuat batere cepet drop dan rusak. Untuk itu hindarilah beberapa hal diatas. baterai sekarang ini juga saya rasa sekali pake, jadi istilah baterai rusak ya kita ganti ajalah. 

Untuk memperbaiki baterai yang drop saya ada sedikit tips dan triknya. Tapi saya tidak menjamin kalau akan bekerja 100%. Saya pernah mencobanya dan kebetulan berhasil tetapi tidak bertahan lama. Cara tersebut adalah dengan mengkalibasi baterai agan. caranya adalah sebagai berikut :

Memperbaiki baterai drop dengan cara kalibrasi

  1. Kosongkan isi baterai HP android agan. terserah dibuat apa yang penting habis.
  2. Isi daya baterai dalam keadaaan HP mati sampai kondisi baterai penih 100%
  3. Dan setelah penuh maka silakan hidupkan kembali.
  4. Habiskan lagi
  5. Charge HP lagi tapi dengan keadaan hidup sampai penuh
  6. Habiskan lagi
  7. Lakukan hal tersebut 3 sampai 4 x (cas hidup dan mati)
  8. Hidupkan kembali Hp, Ketika sudah melewati 4 coba cek hasilnya
Bila batre tetap drop maka siapkan dana anda dan beli baru. Batre drop biasanya memang sudah sangat sulit untuk diperbaiki. Oleh sebab itu saran yang paling manjur adalah beli baru. Saya sarankan untuk membeli yang original. Dari pengalaman saya bila membeli baterai dengan harga yang murah masih sering drop juga dan sering tukar garansi dengan hasil yang tetap sama.

Selain batre yang drop ada juga baterai yang mengembang / kembung / batre hamil. Baterai yang satu ini kebanyakan disebabkan oleh pengisian daya yang terlalu berlebihan. untuk mengempeskannya saya punya sedikit trik. Silakan simak dibawah ini :

Cara memperbaiki Baterai yang mengembang (kembung)

  1. Siapkan jarum benang / jarum pentul, Lem Alteco atau lem yang kuat.
  2. tusuk bagian baterai yang kembung dengan jarum (hati-hati bahan kimia)
  3. Setelah ditusuk langsung kempeskan baterai dengan menekan-nekannya pada bagian yang kembung.
  4. setelah kempes langsung dilem bagian yang agan tusuk pakai jarum tadi.
  5. cara ini bisa mengempeskan batre tapi tidak memperbaiki batre drop ya
  6. silakan dicoba gunakan lagi
Banyak orang yang mengatakan kalau batre drop dan mengembung bisa diperbaiki dengan menaruhnya didalam freezer kulkan selama seharian penuh. Tapi saya sendiri tidak pernah berhasil.

Kesimpulan :
Bila Baterai hp Anda sudah rusak dan drop saran saya mending langsung ganti baru aja. Dan beli baterai dengan kualitas yang bagus dengan teliti pastinya.

1 komentar so far


EmoticonEmoticon