Cara Membuat Website Sendiri Dengan Mudah

Cara membuat website sendiri dengan mudah - Dunia internet memang tidak lepas dengan yang namanya website. Banyak sekali jenis dari website tersebut. Ada website yang berbayar sampai website yang gratis tis tis. 

Dalam panduan cara membuat website sendiri, kita harus belajar dengan step by step. Kita harus paham dengan dasar-dasarnya terlebih dahulu, oleh sebab itu saya berikan sedikit penjelasan dulu ya tentang website.

Materi yang harus kita ketahui sebelum membuat website adalah sebagai berikut :
  1. Mengenal perbedaan dari Website dan Blog
  2. Bagaimana cara membuat website
  3. Bentuk dasar Website
  4. Hal yang harus di perhatikan ketika membuat sebuah web

Perbedaan antara website dengan Blog?
Cara Membuat Website Sendiri
Teori yang pertama adalah tentang apa sih perbedaan antara website dengan blog? Singkatnya website dan blog itu memang sekilas sama, tapi sebenarnya berbeda. Website lebih digolongkan ke web yang memiliki halaman-halaman elektronik yang terdaftar dalam suatu nama domain tertentu. Dan biasanya juga memiliki satu konsep dan memiliki halaman yang statis. 

Sedangkan blog adalah salah satu bentuk dari website yang bisa kamu miliki. Seperti anda ingin menuliskan cerita Anda ataupun pengalaman Anda. Bila ingin membuat sebuah blog, banyak penyedia jasa nya dengan gratis, seperti blogger dan wordpress.com.

Bagaimana cara membuat website sendiri?
Ada beberapa cara untuk membuat website, tapi  untuk metode yang digunakan untuk membangun sebuah web ada dua metode :
  1. Membuat website sendiri dengan menggunakan sistem yang sudah ada
  2. Membuat website sendiri dengan membangunnya dari nol / membuat code program sendiri
Penjelasannya bila Anda ingin membuat web dengan code program yang sudah ada, Anda tinggal bergabung dengan beberapa cms penyedia layanan web. Caranya sangat mudah kok, untuk cara yang lebih rinci nanti bakal saya update lagi di artikel selanjutnya. Dan layanan tersebut diantaranya adalah :
  • Blogger
  • Wordpress
  • Joomla
  • Drupal
  • Silver Stripe
  • Ecommerce
  • CMS ID
  • Moodle
  • Geeklog
  • Impress CMS
  • Magneto
  • Prestashop

Sedangkan untuk membuat web dengan membuatnya dari awal dengan source kode sendiri lebih sulit, bila tidak memiliki keahlian khusus maka akan terasa sangat sulit. Untuk bahasa yang digunakan untuk membuat web sendiri adalah PHP, HTML, MySQL, dan Javascript.

Aplikasi yang digunakan untuk membuat web juga ada banyak. Seperti contoh ada adobe dreamweaver, Notepad, Notepad++ dan masih banyak lagi aplikasi lainnya yang tentunya juga gratis.

Bagaimana saya memulai membuat sebuah web?
Dan untuk Anda bagi pemula saya sarankan untuk belajar membuat website dengan belajar dari blog terlebih dahulu. Karena dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam belajar mengenal bahasa dari sebuah website.

Untuk cara membuat blog bisa langsung membuka halaman blogger (klik saja). Dan nantinya Anda tinggal membuat sebuah blog dengan proses yang hampir persis membuat Email gmail. Bagi yang masih awam, akan saya susulkan tutorial web design blogger gratisan.

Bentuk script coding dari webnya kurang lebih adalah :
Perlu diketahui bentuk dasar dari halaman web sebagai modal awal anda dalam membuat atau sekedar mengedit web. Kurang lebih dari struktur sebuah halaman web sederhana adalah sebagai berikut :

<html>
<head>
isi dari head section pada halaman web anda
</head>
<body>
isi dari body section pada halaman web anda
</body>
</html>

Untuk pengenalan membuat web, sampai disini aja dulu ya. bagi yang masih bingung silakan langsung kirimin kritik dan sarannya dikotak komentar blog saya ini. Semoga bisa membantu. Selamat mencoba dan semoga berhasil :)

This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon